Jangan cepat-cepat menuduh hacker

Belakangan ini kita dihebohkan dengan berita pembobolan ATM. Uang nasabah pada bank tertentu habis diraup oleh “si cerdik”. Bukan hal yang baru lagi bahwa pembobolan ATM marak terjadi, apalagi seiring pesatnya perkembangan teknologi makin canggih saja cara yang dipakai untuk melakukan operasi kejahatan tersebut. Maka tidak heran lagi bahwa ada tuduhan yang mengarah pada hacker. Perlu diketahui bahwa hacker dan cracker berbeda, hacker selalu bertujuan positif sedangkan cracker bertujuan negatif seperti mencuri data untuk kepentingan pribadi, merusak sistem.

Pembobolan ATM akhir – akhir ini oleh sejumlah pihak dikatakan bahwa dilakukan secara fisik bukan cyber. Hal ini di indikasikan dengan beberapa bukti, seperti keamanan e-Banking yang sudah digunakan, indikasi area pembobolan yang lokalize, serta indikasi modus operandi teknik pembobolan lebih mengarah kepada teknis manual (okezone.com). Pembobolan secara fisik atau manual ini bisa dilakukan dengan cara skimmer mengunakan mesin pembaca kartu atau yang lebih dikenal dengan magnetic stribe card reader (MSR). MSR di pasang tepat di depan tempat masuk ATM, lalu jika ATM masuk ke MSR maka kartu secara otomatis akan dibaca dan data-datanya tersimpan ke memory. Selanjutnya, skimmer akan menggandakan data ATM tadi ke sebuah ATM kosong (okezone.com).

Maka dari itu sangat diharapkan agar pihak kepolisian jangan terlalu cepat mengarahkan tuduhan pada hacker apalagi mengatakan ada jaringan hacker internasional dari Rusia dan sebagainya.

Berikut tips untuk menghindari terjadinya pembobolan ATM anda,

  1. Simpan ATM anda pada tempat yang aman, jangan sampai hilang
  2. Jangan sekali kali ATM anda pinjamkan pada teman anda, dan orang yang tidak begitu anda kenal, anak anda atau saudara anda yang belum begitu tahu dari manfaat ATM
  3. Buatlah PIN ATM anda sedemikian sukar yang hanya anda saja yang tahu,
  4. Bila ada masalah dalam pengambilan ATM melalui mesin ATM seperti ATM tertelan atau masalah lain jangan sekali kali menghubungi nomer pelayanan informasi pada mesin atm yang belum jelas keaslian nya, secepat mungkin datangi bank anda dan aduhkan masalah anda agar bisa mendapatkan Kartu ATM dan Pin baru.
  5. Bila kedapatan rekening anda berkurang secara tidak masuk akal segeralah melakukan pemblokiran dan lapor pada bank dan pihak kepolisian
  6. Jika mengambil uang pada mesin ATM ambillah mesin ATM yang ada penjaga nya yaitu Satpam atau security mesin ATM dengan begitu anda akan merasa nyaman dan aman dalam mengambil uang.
  7. Sesekali cek saldo rekening anda untuk menghindari pembobolan pada ATM anda
  8. Jangan mudah percaya dengan transaksi elektronik melalui internet jika anda masih ragu dan tidak percaya dengan cara mentranfer sebagian uang kita, karena sekarang ini banyak sekali penipuan atau scam yang dilakukan oleh maling di dunia internet.
  9. Menabunglah pada bank yang memiliki reputasi terbaik dan dapat dipercaya akan pelayanan dan mau bertanggung jawab atas uang yang kita simpan pada suatu bank. Karena sekarang ini banyak pencurian atau perampokan nasabah bank yang dilakukan oleh pemiliknya sendiri.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi anda. Kata bang napi waspadalah.. waspadalah..!!

One thought on “Jangan cepat-cepat menuduh hacker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s