Trend melempar sepatu ke presiden

BushTentu masih jelas di ingatan kita, ketika presiden Amerika Serikat George. W Bush dilempar sepatu oleh seorang wartawan Irak pada bulan Desember tahun 2008. Saat itu Bush sedang berpidato dalam kunjungan perpisahannya sebagai presiden AS ke Irak. Tiba – tiba saja orang itu berdiri mendekati podium dan melakukan aksi pelemparan sepatu, tapi Bush cekatan juga untuk menghindar.
Tidak hanya Bush, petinggi Iran Ahmadinejad juga pernah mengalami hal serupa. Kalau Bush dilempar saat berpidato, beda lagi dengan Ahmadinejad si tokoh yang notabene berseberangan dengan Bush. Beliau (Ahmadinejad.red) saat itu tengah berada dalam mobil terbuka dan hendak menuju ke stadiun untuk melakukan kampanye pilpres Iran, sebuah sepatu melayang ke arah mobil yang ditumpanginya. Namun tidak jelas juga apakah sepatu tadi mengenai salah satu pimpinan besar di Asia tersebut.
Omar Hassan Al Bashir, lagi – lagi menambah daftar petinggi negara yang dilempar sepatu. Presiden Sudan tersebut dilempar sepatu saat tengah melakukan konferensi publik. Menurut kantor berita negara Sudan, si aktor pelempar sepatu tersebut diduga mengalami gangguan kejiwaan.
Aksi pelemparan sepatu ke presiden sontak menjadi perhatian publik. Hal yang membuat malu tentu, karena aksi melempar sepatu ke arah orang merupakan tindakan penghinaan dan kasar dalam budaya Arab.
Ada juga yang sengaja melakukan aksi nekat tersebut untuk mencari perhatian alias ingin tenar. Kali ini menimpa Perdana Menteri (PM) India Manmohan Singh. Saat itu beliau hendak memulai pidato dalam sebuah pertemuan terbuka menjelang pemilihan umum di kota Ahmedabad, negara bagian Gujarat. Si pelempar sepatu berhasil dibekuk polisi dan menurut pengakuannya hal itu dia lakukan karena ingin mendapat perhatian khalayak dan menjadi tenar.
Entah apa yang menjadi alasan dari pelempar sepatu ke arah Bush, Ahmadinejad ataupun Omar, hal ini merupakan aksi nekad dan hanya orang – orang yang berani dan mempunyai motivasi kuat saja mampu melakukan hal seperti itu. Seperti yang dilakukan wartawan Irak, karena kebenciannya kepada Bush dan negara AS tentunya maka melayanglah sepatu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s