Sabda Kegilaan

“Dulunya seluruh dunia gila.” Sabda Zarathustra.

Orang-orang selalu bermimpi mengarungi awan. Dan ia selalu dapat. Hanya kebohongan yang menutupi realita. Segalanya sudah terjadi berjuta-juta tahun lalu. Tak ada yang baru di dunia. Orang-orang sakit jiwa telah lebih dulu bermimpi. Semua berawal dari kegilaan semata. Gubahan lagu telah terdengar sepanjang abad di galaksi. Orang-orang selalu berhasil menemukannya. Kulit pohon, akar tumbuhan, bakteri, gas, daya. Ditemukan oleh suatu mimpi gila yang berasal dari kegilaan itu sendiri. Tak ada sesuatupun yang hebat dari klaim kekuasaan seorang manusia.

Kegilaan-kegilaan yang berlanjut menjadi sakit jiwa. Jiwa-jiwa yang tunduk pada kelaliman ketuhanan. Boneka-boneka yang muram, terbit dari gua-gua kesunyian. Dan kau, selebihnya aku, yang lahir dari musim kebebalan. Mengarungi sungai panjang penuh kesedihan. Sesuatu yang telah dinubuatkan, segala sesuatu yang bermuara pada kesia-siaan. Segala sesuatu adalah kesia-siaan, kesaksian Pengkhotbah. Dan kita teramat capai mengayuh. Melompat-lompat diatas jeram kelam. Dayung kita adalah jaring yang teramat lapuk. Dan kitapun bersemangat seolah dunia akan terus ada. Tetap melayang, seperti mimpi-mimpi gila.

Peperangan seribu tahun. Seribu tahun, seribu tahun.

Genderang terus ditabuh, bertalu-talu. Berlaksa-laksa prajurit, kita yang bertameng, maju menderap, melawan dunia. Menyanyikan mars perjuangan. Perjuangan terhadap hidup. Seakan dapat kita taklukan segala tantangan kitab-kitab suci.

Malam-malam panjang yang sunyi

Dengan tertib kaupasang selimut

Doa-doa sudah tentu mengatasi segalanya

Kau bangun sebelum kabut

 

Syahdan, catatan ini berasal dari hari sebelum dunia runtuh. Orang-orang yang pergi dan menjadi kucing atau elang atau batu atau kamu.

“Kami telah menemukan kebahagiaan.” Sabda Zarathustra.

 

November, 2014

UkopGnuga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s